Pages

Selasa, 04 Maret 2014

Step by step Memilih Gadget=>Smartphone/HH

Tidak ada yg aneh dalam setiap tempat yg kita jumpai dan kebanyakan orang sedikit terkuras tenaganya sibuk menggunakan smartphonenya, entah itu sosial media, chatting, browsing dan lain sebagainya. perlu diperhatikan bahwa handphone atau saat ini lebih dikenal dengan handhield/hh dan terakhir disebut sebagai smartphone walaupun disamping itu banyak sebutannya telah menjadi icon dalam hidup seseorang. entah apa yang dirasakan jika seseorang tidak memiliki gadget satu ini, mungkin kata gengsi atau jadul bisa disematkan ke dalam dirinya. itu semua adalah fenomena yang terjadi saat ini. nah untuk memilih smartphone yang nantinya menjadi tumpuan dalam kebutuhan sehari-hari kita (tetep eksis maksudnya) harus pintar dan mengenal seluk beluk fitur yang ditawarkan oleh smartphone yang kita beli.

daripada itu saya simpulkan serta jelaskan sedikit (jika memang ada yang perlu dijelaskan) untuk menambah wawasan para pencinta dan pemburu smartphone.

Saat ini smarphone yang beredar di dunia berbasis sistem android, ios, windows phone serta blackberry dan tidak menutup kemungkinan kedepannya akan bermunculan basis sistem lainnya. satu sama lainnya mempunyai kelebihan dan kekurangan, hal ini menjadi keuntungan bagi kita selaku pengguna (bukan produsen) yang mempunyai kemampuan (banyak duit dan mudah mendapatkannya) dan menjadi kerugian jika kita harus benar-benar memilih sebuah smartphone yang sesuai dengan kebutuhan ditambah dompet semakin menipis padahal gajian baru beberapa hari yang lalu.

1. Sistem Android ini berada di bawah naungan google, operating system yang bersifat open source ini semakin hari semakin semarak. kita dapat menemukan berbagai macam HH dengan berbagai macam merk yang mengadopsi android. karena tidak ada lisensi yang harus dibayarkan oleh produsen dalam penggunaannya juga dengan mudahnya developer membuat aplikasi yang dapat berjalan di atasnya. sampai saat ini aplikasi yang ada di google pla (google store) sudah lebih dari 700.000 aplikasi.

selama menggunakan android saya mendapatkan keuntungan, saya tidak usah membayar aplikasi yang berbayar untuk mendapatkannya, karena selain aplikasi tersebut ada versi gratis sudah ada cara untuk mendapatkan versi berbayar dengan cara gratis/tidak keluar uang. dan juag saya mudah mendapatkan aplikasi terutama game-game yang seru dengan hanya bermodalkan internet.

2. Ios adalah sistem operasi besutan raksasa komputer Apple, sempat menggemparkan saat pertama diluncurkannya salah satu produknya bernama Ipad & Iphone, produk ini ditujukan sebagai pengganti komputer desktop. Kelebihan ios adalah ekosistem yang bagus dimana ios ini hanya digunakan oleh produk-produk keluaran Apple sendiri. dukungan developer juga terbilang banyak. yang memungkinkan dari sistem ios ini adalah akan terus mendapatkan update resmi untuk hh yang mengadopsinya (dalam hal ini hanya iphone, ipad serta jajaran  produk aple). misal kita membeli hp iphone 5s maka sampai dengan 3 tahun berikutnya hp dengan tipe ini akan terus mendapatkan update sistem.

para pembuat aplikasi serta game biasanya merilis/mengeluarkan aplikasi dan gamenya pertama kali ditujukan untuk hp dengan sistem ios, selanjutnya setelah sukses mereka akan membuatnya agar dapat berjalan pada sistem lainnya

3. Windows phone bisa dibilang masih baru dalam kancah persaingan smartphone/hp. basis sitem yang dibuat oleh pemilik raksasa software Microsoft tidak tinggal diam melihat bermunculannya sistem basis smartphone. dikarenakan tidak mendapatkan hasil yang memuaskan / tidak mendapat sambutan baik dari para pencinta gadget dan smartphone akhirnya Nokia (salah satu pemain lama) resmi diakuisisi oleh microsoft.

pertarungan terus berlanjut dengan banyak tujuan, salah satunya untuk mendapatkan sebanyak-banyaknya peminat dan pengguna yang menggunakan smartphone atau gadget dengan sistem operasi besutannya. dan saat ini Nokia yang sudah dibawah naungan microsoft telah mengeluarkan hh/smartphone dengan sistem operasi lawan bisnisnya yakni Android. entah mengapa, mungkin ini merupakan salah bentuk strategi mereka,

kelebihan yang saya tahu (karena saya belum menggunakannya), penggunaan / pengoperasian setiap aplikasi berasa smooth (lancar).


Sampai saat ini terus bermunculan beragam smartphone dari berbagai merk dan semakin menambah variasi para pengguna yang ingin memilikinya. Dalam kategori high end (premium) seperti samsung galaxy s5, lg g3 dan banyak lainnya. dan katagori middle sampai low end banyak juga yang bermunculan. tentu hal ini membuat calon pembeli kebingungan memilih smartphone yang sesuai kebutuhannya.

dari berbagai bacaan yang saya baca ada baiknya dalam pemilihan sebuah smartphone didasari atas dasar kebutuhan serta brand/merk berkelas, jika kita tidak tahu apa yang kita butuhkan dari sebuah smartphone maka dengan membeli smartphone brand/merk yang berkelas tinggi pastinya sudah akan memenuhi yang kita inginkan.

selanjutnya saya uraikan dalam urutan:
1. pilih sesuai kebutuhan (gaming, browsing, watching, foto-foto, gaya)
2. pilih dari merk yang sudah mempunyai nama besar (disinilah pentingnya karena ada harga ada rupa dan uang adalah segalanya)
3. pilih yang mempunyai track record bagus dalam hal after sales (garansi) karena tidak semua merk yang besar mempunyai service center yang bagus, cari keluhan-keluhan konsumennya serta bagaimana pelayanannya.
4. pilih yang terbaru dan mumpuni untuk satu/dua tahun kedepan, karena teknologi pasti akan berkembang maka kita harus jeli dalam menentukan teknologi sebuah smartphone

0 komentar:

Posting Komentar