Pages

Senin, 10 September 2012

Beberapa Hal Terkait Pesantren


Berbicara mengenai pesantren pikir saya cukup sulit untuk mengurai apa dan bagaimana sebenarnya pesantren itu. namun sebagai sebagai manusia yang berpikir jadi saya mengulasnya sedikit demi sedikit.

Pesantren adalah tempat tinggal para murid yang dijuluki santri untuk menimba ilmu atau mencari barokah guru yang dianggap atau dipanggil kyai oleh warga masyarakat sekitar.

Menurut saya sebenarnya pesantren adalah tempat santri-santri berguru kepada sang guru untuk mengenal allah dan mendekatkan diri pada-Nya. mengenal-Nya bukan saja dengan dhahir, akan tetapi dengan batin, mengenalnya bukan saja dengan kitab atau buku-buku yang bertumpuk, tapi dengan tuntunan guru. guru yang bagaimana? guru yang tidak saja melihat dengan kepala matanya saja tapi dengan mata batinnya. guru yang pernah berjumpa dengan allah dan mendapat petunjuk dari-Nya. semisalnya kita sering mendengar ceramah seorang ustadz atau da'i atau kyai banyak menceritakan tentang pengalamannya, perihal dirinya memandang dan menanggapi sesuatu dan uniknya jika ada seseorang yang bertanya suatu hal akan dijawab dengan melihat keadaan /kondisi dirinya sendiri dan tidak melihat keadaan si penanya. kadangkala jawaban yang diterima oleh penanya kurang dapat dijalani serta dipenuhi olehnya. boleh dibilang sipenanya ragu atau jawaban tidak meyakinkan. masalahnya penanya menanyakan sesuatu yang betul-betul berarti dalam hidupnya, sesuatu yang serius, suatu keputusan yang akan mengubah hidupnya dan ia minta penjelasan yang detail dan masuk akal. apa yang dialami oleh si penanya tidak dapat dirasakan oleh mereka yang menjawab pertanyaan tersebut.

wallahu a'lamu bisshowwab

0 komentar:

Posting Komentar